Rabu, 02 Mei 2012

Manihot Isi

Waktu aku ikut mata kulian Manajemen Pemasaran, dosen ngasih kita sekelas tugas. Tugasnya suruh buat produk baru yang jarang ada di pasaran. Kita dibagi dalam beberapa kelompok. Dalam beberapa minggu aku coba cari produk apa yang tepat, tiba-tiba aku teringat ada sebuah makanan khas daerah aku dari Ende, Flores yaitu makanan yang terbuat dari Singkong. Memang sudah banyak di pasar produk makanan yang terbuat dari singkong tapi yang membuat makanan ini menjadi unik adalah karena bahan dasarnya terrbuat dari sari singkong. Mungkin makanan ini sudah diketahui oleh masyarakat yang tinggal di daerah tapi belum begitu terlalu terkenal. Nama asli di Ende adalah alu tapi kelompok kami merubah namanya menjadi Manihot Isi, nama Manihot sendiri diambil dari nama latin singkong.
Produk kami akan kami buat seperti ini:


Mirip kebab kan,,??????Memang benar, kami akan membuat Manihot isi seperti kebab variasi isinya juga akan seperti kebab. Yang membuatnya berbeda adalah dari bahan dasarnya yaitu dari singkong. Cara mendapatkan sari singkong yakni dengan cara, singkong yang sudah dicuci bersih kemudian diparut dengan menggunakan alat manual hasil dari parutan tersebut kemudian diperas, air atau sari dari hasil perasan inilah yang akan menjadi bahan dasar. Eiitsss belum selesai sampai disini saja, karena sari singkong masih dalam bentuk cair jadi masih belum bisah dijadikan bahan untuk membuat Manihot Isi. Langkah selanjutnya, sari singkong tersebut kemudian dijemur dibawah sinar matahari selama 1 atau 2 hari tergantung dari cuaca juga.
Setelah sari dari singkong yang dijemur sudah menjadi padat, padatan tersebut kemudian dihaluskan menjadi seperti tepung. Tepung dari sari singkong inilah yang akan dibuat menjadi Manihot Isi.

Rencananya saya akan mulai memproduksi dan menjual Manihot Isi pada saat liburan Semester ini. Doa'kannya mudah-mudahan bisa berhasil.

Tolong komentarnya yaa..!!!!Soalnya baru belajar nulis diblog. Makasih..!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar